Apa Khasiat Beras Merah Dibanding Beras Putih? Ketahui Perbedaan dan Manfaatnya

Apa Khasiat Beras Merah Dibanding Beras Putih? Ketahui Perbedaan dan Manfaatnya - Nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia, tetapi apakah Anda tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing antara beras merah dan beras putih ini? Umumnya, masyarakat Indonesia sangat suka dengan nasi putih. Sepiring nasi putih mengandung 242 kalori. Keuntungan utama dari nasi putih adalah sebagai sumber energi dan mudah diserap oleh tubuh, karena terdapat kandungan karbohidrat dan mineral. Namun, kadar seratnya hanya sedikit. Jadi bagi penderita diabetes disarankan untuk tidak mengkonsumsi nasi putih. Karena hal ini dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, nasi putih mengandung sedikit sekali serat, sehingga jika Anda kekurangan serat dalam asupan makanan, dapat menyebabkan kanker seperti kanker usus besar.
beras merah vs beras putih
Untuk memenuhi kebutuhan energi di seluruh tubuh, dan juga fungsi organ dianjurkan untuk mengkonsumsi dua gram karbohidrat per kilogram berat badan badan. Namun jika anda sering berolahraga, sebaiknya tambahkan 3-4 gram per kilogram dari berat tubuh. nasi putih mengandung lebih sedikit lemak jenuh, kolesterol, dan sodium, atau bahkan tidak sama sekali.

Tapi bagi orang-orang yang sedang melakukan diet, dianjurkan untuk mengkonsumsi beras merah. Karena jika Anda makan nasi putih, energi akan diserap lebih cepat dan jika tidak segera dibakar oleh kegiatan berat (olahraga) akan menyebabkan terjadinya penumpukan lemak dalam tubuh. Untuk penderita diabetes, beras merah sangat baik untuk dikonsumsi. Beras merah mengandung karbohidrat sangat sedikit sehingga tidak menyebabkan gemuk. Dan juga mengandung banyak serat, terutama di bagian kulit ari.

Selain itu beras merah juga mengandung vitamin B kompleks yang menjadi bagian paling penting dalam proses penyebaran enzim dalam tubuh kita. Ia juga memiliki antioksidan yang berfungsi sebagai pencegah kanker. Dan dapat melancarkan gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah BAB.

Tetapi beras merah juga memiliki kekurangan, setelah dimasak, nasi merah mempunyai tekstur lebih padat dan kering dari pada nasi putih, maka bagi mereka yang tidak terbiasa akan tidak nyaman menyantap nasi merah. Dan juga karena mengkonsumsi nasi merah sedang menjadi gaya hidup di masyarakat modern, maka harga beras merah jauh lebih mahal daripada beras putih. Dipasaran, harga beras merah saat ini antara 80 ribu s/d 90 ribu rupiah per 5 kilo gram. Jadi semua itu kembali kepada anda inigin memilih beras merah atau beras putih, keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Khasiat Beras Merah Dibanding Beras Putih? Ketahui Perbedaan dan Manfaatnya"

Post a Comment